Selasa, 16 Juli 2013

Mulianya Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia dan paling ditunggu oleh umat muslim di dunia. Bahkan terdapat bermacam-macam kebaikan yang tak ternilai pada bulan tersebut. Ada bermacam kemuliaan dalam bulan Ramadhan dan umat muslim diperintahkan untuk mencari dan mmendapatkannya. "Barang siapa senang akan datangnya bulan Ramadhan maka diharamkan atas jasadnya menyentuh api neraka" yap, kurang lebih begitulah artinya. Disini kata "senang" bukan sembarang senang yang mengasumsikan
senang hanya pada kedatangan bulan ramadhan, tetapi senang yang dimaksud adalah senang akan segala perintah dibulan ramadhan terutama puasa ramadhan pastinya. Seseorang senang akan sesuatu pastinya tidak akan mengeluh untuk mengerjakannya. Contohnya saja, kita senang dengan pelajaran Matematika di sekolah meskipun pelajaran tersebut rumit dan berkangsung selama 2 jam kita enjoy aja dengan pelajaran tersebut apalagi masih ada PR. Itu semua karena perasaan suka, beda lagi kalau kita benci dengan sesuatu walaupun itu terasa baik kalau sudah benci pasti terkesan buruk.
Sama halnya dengan bulan ramadhan, meskipun ada program puasa yang berat tetapi jika kita senang maka kita tak akan merasa terbebani akan hal itu. itulah yang dimaksud senang akan datangnya puasa yang berarti senang dari awal hingga akhir dengan maksud menjalankan segala perintah Allah SWT.

Selain itu bulan Ramadhan juga disebut bulan ampunan. Mengapa? karena siapa saja yang sukses pada bulan Ramadhan ( diterima amal ibadahnya ) maka segala dosa yang telah dibuat dimasa lalu akan diampuni. kecuali dosa syirik ya bro! makanya jauhi noh yang namanya Syirik, Musyrik, Murtad dll. karna tiada Ilah yang patut disembah kecuali Allah Azza wa Jalla. sebagaimana hadist yang artinya begini, "Siapa yang berpuasa di bulan ramadhan dengan iman dan mengharap ridho Allah maka diampuni segala dosa yang telah lalu" tuh gimana?

Bulan Ramadhan juga merupakan bulan turunnya Alkitabul karim, Al Qur'an. yoyo tepatnya tanggal 17 Ramadhan, yah beda bulan aja ama hari kemerdekaan kita. Al Qur'an sebagai pelengkap kitab-kitab terdahulu yang turunnya juga pada bukan Ramadhan sangat penting sebagai petunjuk dan pedoman bagi umat muslim. Sebagaimana sifat nabi, siapa yang ingin memiliki sifat seperti Rosulullah maka Al Qur'anlah tempat rujukannya. Seperti kata Aisyah ra. akhlak Rosulullah SAW adalah Al Qur'an. ya okelah kita nggak mungkin menyamai nabi Muhammad karena memang rosul adalah manusia yang special dan memiliki bermacam kelebihan dan kekhususan tetapi sebagai ummat yang paling beruntung setidak kita berusaha semaksimal mungkin tanpa pernah berputus asa. Bacalah Shalawat kepada nabi karena shalawat mengantarkan do'a kita kepada Allah.

Karna kemuliaan dan keberkahan dibulan Ramadhan yang begitu banyak, saya nggak mungkin mengetik semuanya disini. Oleh karena itu, yang terakhir saya cantumkan adalah Malam Lailatul Qadr. Malam yang lebih baik dari 1000 bulan. lho! seribu bulan lohh, bagaikan kita beribadah selama 82 tahun kalo gg salah. Malam ini hadir pada sepuluh malam terakhhir dibulan Ramadhan. ibadah pada 1 hari dibulan ramadhan jauh lebih baik ketimbang ibadah secara continue selama 1000 hari lho, apalagi saat kita memperoleh malam lailatul qadr. Subhanallah. Bahkan Nabi Muhammad SAW bersabda bahwasannya jika saja kalian tahu keberkahan pada bulan Ramadhan niscaya kalian ingin tiap tahunnya adalah bulan Ramadhan. cammkan itu ,sob! yuk sama-sama istiqomah dalam menjalankan ibadah Ramadhan ini.

okeh, sekiranya itu saja yang dapat saya ketikkan mohon ma'af karna tiada dalil hadist berbentuk arab dan atas segala kekurangan yang lain. Semoga bermanfaat dan semoga kita mendapatkan segala kemuliaan dibula Ramadhan ini. aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar