Senin, 26 November 2012

LARANGAN BERSIKAP SOMBONG DAN ANJURAN BERTAWADUK

  • LARANGAN BERLAKU SOMBONG
Tentang larangan untuk kita berlauku sombong, Allah SWT berfirman ;
“ Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung“. QS. Al Israa’ 37.

Dalam ayat lain disebutkan , Allah SWT berfirman;
“ Janganlah sekali-kali kamu menunjukkan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu), dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman”. QS. L Hijr 88.
“ Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri ”. QS. Luqman 18.


  • ANJURAN BERSIKAP RENDAH DIRI ( TAWADUK )
Tentang larangan untuk kita berlauku sombong, Allah SWT berfirman ;
“ dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman”. Qs. Asy Syura.

Kesimpulan ;
Dengan melaksanakan anjuran untuk bersikap rendah diri dan menghindari sikap sombong. Selain dapat terciptanya sikap saling menghormati dan saling menghargai sesama manusia. Disebutkan ; balasan bersikap tawaduk adalah kenaikan derajat yang tinggi disisi Allah SWT.
Kebenaran hanya milik Allah SWT,  jika ada kesalahan dalam penyampaiaan tak lain dari kesalahan penulis. Untuk itu mohon dimaafkan. Dan mohon koreksinya. Semoga Bermanfaat….!!!
 http://blogfirman.wordpress.com/2010/10/17/larangan-berlaku-sombong-dan-anjuran-bersikap-tawaduk/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar