Kamis, 08 November 2012

HADIST DAN AYAT AL QUR'AN TENTANG IBU

Al-Qur’an

1. “Kami telah diperintahkan pada kebaikan manusia untuk orang tuanya; sakit melakukan ibunya menanggung dia, dan kesakitan dia memberinya kelahiran” (46:15).

2. “Mu Tuhan telah memutuskan bahwa kamu tidak menyembah selain Dia, dan bahwa kamu bersikap baik kepada orang tua. Apakah salah satu atau keduanya mencapai usia tua dalam kehidupan Mu, mengatakan tidak kepada mereka kata-kata penghinaan, atau mengusir mereka, namun alamat mereka dalam . hal kehormatan Dan karena kebaikan hati, lebih rendah untuk mereka sayap kerendahan hati, dan berkata: ‘Ya Tuhanku memberikan rahmat-Mu pada mereka bahkan ketika mereka dihargai saya di masa kecil’ “(17:23-24).

3. “Kami telah diperintahkan pada kebaikan pria dan wanita untuk orang tua, tetapi jika mereka (baik dari mereka) berusaha (untuk memaksa) engkau bergabung dengan Aku sesuatu yang engkau tidak ada pengetahuanmu tentang mereka tidak ‘” (29:8).


4. “Kami telah diperintahkan pada pria dan wanita (untuk menjadi baik) untuk / orang tuanya; menunjukkan rasa terima kasih kepada-Ku dan untuk orang tua-Mu, untuk Me (Mu akhir) Tujuan Jika mereka (orang tua) memaksamu untuk mempersekutukan dengan bergabung dalam ibadah. aku hal-hal yang Engkau tidak ada pengetahuanmu tentang mereka tidak, namun menanggung mereka perusahaan dalam kehidupan ini dengan keadilan (dan pertimbangan) dan mengikuti jalan orang-orang yang berpaling kepada-Ku (dalam kasih) “(31:14-15).



Hadis

1. Nabi Muhammad mengatakan, perdamaian mungkin Allah dan berkah di atasnya: Surga Anda terletak di bawah kaki ibu Anda (Ahmad, Nasai).

2. Seorang pria datang kepada Nabi dan berkata, ‘Ya Rasulullah! Siapa di antara orang-orang adalah yang paling layak persahabatan yang baik? Nabi berkata: Ibumu. Pria itu berkata, “Lalu siapa? ‘ Nabi berkata: Kemudian ibumu. Pria itu lebih jauh bertanya, “Lalu siapa? ‘ Nabi berkata: Kemudian ibumu. Orang itu bertanya lagi, “Lalu siapa? ‘ Nabi berkata: Kemudian ayahmu. (Bukhari, Muslim).

3. Abu Usaid Saidi berkata: Kami pernah duduk dengan Rasulullah ketika seorang pria dari suku Salmah datang dan berkata kepadanya: Wahai Rasulullah! orang tua saya memiliki hak atas saya bahkan setelah mereka mati? Dan Rasulullah berkata: Ya. Anda harus berdoa kepada Allah untuk memberkati mereka dengan Pengampunan-Nya dan Mercy, memenuhi janji-janji yang mereka buat kepada siapapun, dan menghormati hubungan mereka dan teman-teman mereka (Abu Dawud dan Ibnu Majah).

4. Abdullah bin Amr meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda: Dosa-dosa utama untuk percaya bahwa Allah memiliki mitra, untuk tidak mematuhi orang tua, untuk melakukan pembunuhan, dan untuk bersaksi dusta (Bukhari, Muslim).

5. Hal ini diriwayatkan oleh Asma binti Abu Bakar bahwa selama perjanjian Hudaibiyah, ibunya, yang kemudian kafir, datang untuk melihatnya dari Mekah. Asma memberitahu Rasulullah kedatangan dan juga bahwa dia membutuhkan bantuan. Dia mengatakan: Jadilah yang baik untuk ibu Anda (Bukhari, Muslim).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar